7 Des 2012

the abc murder (agatha christie)

kali ini hercule poirot dan rekannya hasting harus menghentikan teror pembunuhan. pembunuh gila yang mencari mangsa berdasarkan urutan alfabet. apakah motif pembunuhan si pelaku ? apakah betul dia seorang psiko ? mendingan langsung baca aja biar ga spoiler.. hehe saya sendiri membutuhkan satu minggu untuk menyelesaikan novel ini bukan berarti novelnya tebel tapi karena banyak tugas yang harus diselesaikan jadi bacanya terpotong-potong.


poirot mendapatkan surat tantangan dari seseorang yang mengatasnamakan dirinya ABC untuk menghentikan pembunuhan yang akan dilakukannya. petunjuk yang diberikan hanyalah nama kota dan nama korban yang berawalan sesuai urutan alfabet. tentu saja hal ini membuat pihak kepolisian dan poirot sendiri dibuat kelabakan, bayangkan berapa orang yang huruf awalannya sama disebuah kota. apalagi tidak ada spesifikasi tentang korban yang diincar oleh si pembunuh.

apa daya poirot tak dapat mencegah terjadinya pembunuhan karena minimnya petunjuk.disetiap tkp si pembunuh hanya meninggalkan buku panduan ABC kereta api. tapi satu persatu fakta mulai terungkap, seperti yang dikatakan poirot kasus ini seperti sebuah perjudian, cepat atau lambat keadaan akan berbalik, selama ini si pembunuh selalu dinaungi keburuntungan tapi tidak setelah terjadinya pembunuhan ketiga ada suatu hal yang terasa janggal menurut poirot. karena ada kesamaan dengan terjadi kasus pembunuhan pertama yaitu pedagang stocking yang datang ke rumah untuk menawarkan barang dagangannya sebelum terjadinya pembunuhan.

walapun sudah menemukan petunjuk yang tepat, poirot dibuat kebingungan karena ada berapa banyak pedagang stocking berkeliaran pastilah banyak sekali. lalu bagaimana poirot mengungkap fakta ini, karena setiap dugaanya selalu dipatahkan oleh si pembunuh dengan kejutan-kejutan yang diberikan pada poirot misalnya saat pembunuhan ke empat ternyata korbannya tidak mengurut lagi menurut abjad.apakah itu kesalahan si pembunuh atau sengaja untuk mengecoh poirot.

saya mulai menyukai agatha dia pandai sekali membuat jalan cerita sedemikian rumit dan bercabang ditengah-tengah, tapi perlahan mulai mengerucut hingga klimaks.buku yang selanjutnya mengantri untuk dibaca adalah 10 anak negro. kejutan seperti apalagi yang akan diberikan agatha selanjutnya, akan saya terlusuri.

0 komentar:

Posting Komentar

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law