12 Nov 2012

beatiful mind (biografi john forbes nash)


sebuah film yang diangkat dari biografi seorang tokoh selalu menarik perhatian saya, apalagi kalau mengungkap sisi lain dari kehidupannya. sebelumnya saya tidak familiar dengan nama john nash, baru tau beliau setelah saya menonton film beatiful mind. katanya sebelum kisah hidupnya diadaptasi menjadi film, beatiful mind sudah terelebih dulu hadir dalam bentuk buku yang ditulis sylvia nasar. sebagai penggemar kisah-kisah epik realita maupun fiksi saya merasa sangat gagal karena telat mengetahui kisah yang begitu bersejarah..hehe

john nash adalah seorang matematikawan yang ahli dalam bidang geometri diferensial dan mendapat hadiah nobel ekonomi tahun 1994. banyak orang terinspirasi dari kisah hidup john nash berkat kejeniusan matematisnya dan perjuangannya dalam melawan penyakit mental (schizophrenia).

filmmnya sendiri begitu sukses, itu terbukti dari penghargaan yang diraihnya di academy award. rusel crowe juga memerankan tokoh john nash dengan baik, ga usah diragukan lagi aktor yang selalu hadir dengan brewoknya ini, memang selalu totalitas dalam pekerjaannya. Noah film terbarunya juga layak ditunggu kehadirannya 2014 nanti. kalau udah ga sabar pengen liat aksinya, bentar lagi dia juga ikut hadir dalam man of steel.

walaupun john jenius dalam bidang matematika tapi ia dikenal tak simpatik dan sedikit apatis. saat kuliah dia lebih suka bolos daripada mengikuti pelajaran yang menurutnya hanya membuang waktu  dan membunuh kreativitas saja. nash lebih suka berlajar secara otodidak, memahami dan memecahkan dinamika natural  melalaui pemikirannya sendiri yang kreatif. dibalik kejeniusannnya ternyata nash memiliki penyakit skifrozenia yaitu penyakit yang yang tidak bisa membedakan  dunia nyata dan halusinasi. dia memiliki teman imajinasi William Parcher yang mengaku dikirim pentagon dan meminta nash untuk memecahkan morse (kode rahasia) yang dikirim soviet. akibat tugas imajinasinya sebagai mata-mata membuat ia terobsesi dan lupa kehidupannya yang normal. bahkan penyakitnya ini beberpa kali membahayakan keluarganya.
john nash & russell crowe
Dibalik kelebihan yang dimiliki setiap tokoh dunia ternyata memiliki kekuarangan yang berbeda juga dengan manusia biasa. seorang einsteinpun tak luput dari kekurangan, yang katanya dia mengidap disleksia. itu mungkin membuktikan kata kiasan yang selalu kita dengar setiap hari bahwa "tidak ada manusia yang terlahir sempurna". banyak banget pelajaran yang bisa kita petik dari perjalanan seorang john forbes nash, seorang jenius yang tidak mau membaca buku karya orang lain karena dianggap akan mempengaruhi kemurnian idenya..hehe begitu egois tapi berkat keegoisannya itu dia menjadi orang besar.

Banyak banget kisang-kisah unik dari kehidupan nash mulai dari ia kecil sampe perjuangannya meraih cita-cita.kalau mau tau lebih lengkap tentang biografi  nash bisa langsung ke TKPnya. ternyata orang sejenius nash pernah ditolak masuk harvard..hehe juga jangan lewatkan kehidupan percintaanya dengan seorang murid perempuannya yang akhirnya ia nikahi. mungkin akan lebih lengkap lagi kalau kita baca bukunya, tapi karena saya sudah terlebih dahulu menonton filmnya rasanya tidak akan menarik lagi ketika membacanya karena imajinasi kita akan selalu terbawa kedalam adegan-adegan di film beatiful mind.

0 komentar:

Posting Komentar

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law