25 Apr 2013

Misteri Air Mata Jerapah

apakah anda butuh penyegaran dari novel-novel detektif ? atau ingin membaca novel detektif ketika dalam perjalanan atau hanya ingin sekedar mencari hiburan dan ketenangan dan ga mau berletih-letih untuk berpikir, saya rasa buku ini akan memenuhi semua harapan anda.

buku ke dua dari seri detektif wanita nomer satu ini, kali ini berjudul "misteri air mata jerapah". sejujurnya saya tidak mengikuti semua seri buku ini yang konon katanya sudah memasuki seri ketiga.

memiliki latar cerita di afrika membuat novel detektif kali ini sangat berbeda dengan novel-novel sejawatnya. diceritakan Mma Ramotswe adalah seorang ditektif yang cukup dikenal di botswana harus menyelesaikan kasus hilangnnya sorang warga amerika, clientnya tersebut meminta mma ramotswe agar menemukan anaknya hidup atau mati.. ditengah penyelidikannya dia juga harus menjalani kehidupan pribadinya., yang mulai ditatanya dengan mr.matekoni seorang mekanik., rencana pertunanngan mereka berdua ditengah jalan mulai mengalami sedikit hambatan-hambatan, mulai dari masalah cincin pertunangan, sampe pengadopsian anak oleh mr.matekoni tanpa persetujuan mma ramotswe.

masalah mulai timbul ketika pembantu mr.metakoni tidak menyukai kehadiran mma ramotse dalam kehidupannya, dia mengganggap kehadiran mma ramotse akan mengancam kelangsungan pekerjaanya,maka dengan rencana jahatnya (tidak terlalau jahat kalau menurut saya..hehe) dia akan menjebak mma ramotse dengan batuan kekasih gelapnya.walapaun pada akhirnya gagal sebelum aksi tersebut dilancarkan.. ah saya sangat kecewa sekali, berharap rencana itu akan menjadi sebuah awal konflik yang rumit.

penggambaran karekter yang sangat hidup membuat menarik untuk diikutin sampe habis, seperti mr.metakoni yang digambar seorang pria baik, itu terbukti ketika ia tidak mau menegur pekerjaan pembantunya yang selama ini kerjanya tidak pernah beres, atau pengadopsian anak yang ia lakukan karena tidak tega melihat latar belakang gadis kecil berkursi roda dengan adik laki-lakinya itu.kalau mma ramotswe rasanya saya kurang begitu kenal ya.. karena sepanjang novel ini mr.metakoni lebih mendominasi, mungkin karena ini seri keduanya kali ya,, jadi mungkin penggambaran mma ramotswe udah diperkenalkan dibuku pertamanya.

dalam versi alsinya buku ini udah memasuki seri 13, dan menurut info yang saya dapat buku ini bahkan sudah menjadi sebuah serial televisi
nah kalau kamu udah bosan disuguhi dengan detektif laki-laki atau detektif anak kecil yang pintar. maka kali ini smith memberi kita hawa segar karena menjadikan wanita afrika dengan tubuh bongsor ini sebagai tokoh utamanya.kita juga akan diperkenalkan dengan budaya dan keadaan di afrika yang diceritkan secara mendetail, bahkan masalah rasisme dengan orang kulit putih juga ada..hehe.daerah yang gersang dengan ular-ular yang diceritakan membuat saya kegerahan ketika membacanya.

konflik yang dihadirkan lebih didominasi oleh masalah pribadi antar tokohnya ketimbang masalah kasus yang diahadapi.tentu saja itu bukan yang saya harapkan,mungkin ini cuma masalah selera aja kali ya..hehe. saya lebih suka cerita detektif yang kelam dan dengan sedikit bumbu gore yang disajikan.

walaupun tidak memenuhi selera saya novel ini sangat menarik untuk dibaca, simple, unik dan ringan namun tetap sebuah novel detektif dengan sebuah misteri didalamnya.seperti saya bilang bila ingin membaca novel detective dalam suasana yang lebih santai dan tenang mungkin buku ini adalah pilihan  yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law