8 Mei 2013

Bag Of Bones (Stephen King)

Mike noonan seorang penulis novel, semenjak ditinggal sang istri untuk selamanya akibat kecelakaan hidupnya menjadi sangat tidak karuan, ia mengalami writer block sehingga ia tidak bisa mengarang lagi padahal dari agennya selalu meminta agar mike  segera mengeluarkan buku terbarunya. disamping itu ia selalu mengalami mimpi buruk yang selalu membawanya ke rumahnya di kota maine. sebuah rumah ditepi danau yang selalu  ia sebut sara laughs.

karena penasaran dengan arti mimpinya mike pergi ke maine untuk tinggal di sara laughs sementara waktu untuk melawan ketakutannya sekaligus mencoba untuk menenangkan dirinya akibat kehilangan istri dan calon anaknya yang baru saja meninggal. dihari pertama ia menikmati suasana baru di tengah jalan saat menuju pulang ia bertemu dengan seorang anak kecil bernama kyra, ternyata pertemuan dengan anak kecil itu membawanya pada masalah serius apalagi setelah bertemu ibunya, mattie devore. mike ikut terlibat dalam kasus perebutan hak asuh anak antara mattie devore dengan kake kyra yaitu max devore .

masalah mike semakin rumit ketika ia selalu mengalami terror dirumahnya. mimpi buruk yang selalu dialaminya setiap malam, suara-suara aneh yang ia dengar dan huruf-huruf magnet yang menempel di kulkas selalu membentuk kata-kata yang aneh.namun secara perlahan misteri mulai terkuak saat ia memasuki studio istrinya. jo istri mike ternyata ada hubungannya dengan semua terror yang selama ini yang alami.namun dibalik masalah yang sedang menyelimutinya mike perlahan mulai pulih dari keterpurukan ide menulisnya selama ini. ia sudah bisa mengarang lagi ditengah terror yang sedang dialaminya.

munuju akhirnya cerita semua masalah mike ternyata mulai terhubung antara keluarga devore, terror hantu, sara laugh dan istrinya, secara perlahan menguak misteri masa lalu.lalu misteri seperti apakah ? dan siapakah sara laughs ? kenapa sosok hantu itu selalu mengganggu mike ? silahkan baca bag of bones untuk mengungkap semua misteri itu..hehe 

mungkin kalau saya ditanya, apa yang kamu tahu tentang novel king ? terlintas dipikiran saya anak kecil, six sense dan penulis. atau gabungan dari ketiganya..hehe karena kebanyakan novel king yang sudah saya baca selalu membawa tiga unsur tersebut, seperti the shining, stand by me, dan misery. yang saya tahu dari artikel katanya saat menulis novel king jarang sekali memakai kerangka karangan, itu sangat bisa kita rasakan saat membaca novelnya karena alurnya yang berjalan begitu lambat menurut saya. namun kelebihannya karena alur lambat itu kita bisa lebih mengenal dan terlibat emosi dengan karakter yang diciptakan king.

banyaknya kejadian yang bersetting didunia mimpi membuat saya sedikit bingung dan menerka-nerka ketika mike mulai diterror lagi dan lagi.. ini mimpi lagi bukan ? tapi mungkin perasaan itu karena saya tidak fokus saja atau memang penempatannya memang membingungkan..hehe. dan saya suka ketika opah king ini memperhatikan hal-hal kecil dan menjadikannya sebagai penyokong dalam cerita, seperti magnet-magnet kulkas yang dijadikan sarana hantu berkomunikasi dengan mike. bag of bones mungkin memiliki cerita yang lebih luas dan karakter yang bertebaran dibanding Rose madder yang saya baca sebelumnya yang lebih berfokus pada satu masalah dengan dengan sedikit karakter.

secara keseluruhan bag of bones sangat menarik dengan banyaknya konflik yang dimasukan dengan formula klasik yang mungkin sudah kita kenal yaitu tentang "balas dendam". tapi bukan opah king namanya kalau tidak meracik bahan yang sederhana itu menjadi sebuah cerita yang menarik.mungkin ini bisa dibilang i spit  in your grave versi hantu..dengan wanita kerkulit hitam sebagai korbannya.. dan ternyata versi wanita kulit hitam lebih mengerikan ketika balas dendam.,, karena dia bukan cuma akan merenggut orang yang menyakitinya saja,, tapi dia akan menghabiskannnya sampe ke akar, sampe semua keterurunan dan bibit-bibitnya habis.

2 komentar:

  1. Wah, buku ini....salah satu yg favorit dari stephen king, tapi terlalu tragis ah...gemeter bacanya...

    BalasHapus
  2. wah.. apakah ini Ming, sesepuh review film temenya bang ringgo ? hehe.. iya tragis dan nyesek karena mettynya belum sempat diapa-apain tapi udah mati duluan...hehe

    BalasHapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law