6 Apr 2013

God's Spy (2007) : Juan Gomes-Jurado

walaupun novel ini terdengar cukup berat kalau liat sinopsisnya tapi ga segelimet itu koq, novel ini sangat mudah dicerna, walapun alurnya diselingi oleh flashback-flashback masa lalu tapi kalau saya baca ini malah berasa seperti alur maju.

god's spy bercerita tentang pembunuhan para kardinal yang terjadi dipatikan ditengah kematian paus paulus II. para kardinal ini tewas dengan cara mengerikan, bola matanya yang hilang dan juga pesan yang selalu ditinggalkan oleh sang pembunuh  dengan sayatan-sayatan dibagian tubuh korban yang membentuk sebuah pesan.paola dicanti seorang inspektur polisi  ditugaskan untuk menyelidiki kasus ini, namun para polisi dan pihak patikan harus tetap mejaga agar kasus ini tidak diketahui oleh publik, kalau tidak ingin terjadi kekisruhan.kucing-kucinganpun terjadi antara sang pembunuh dan para polisi diantara ribuan orang jemaat yang menghadiri kematian sang paus.

dalam penyelidkannya dicanti dibantu oleh pastur anthony fowler yang ternyata adalah sorang mantan militer dan anggota intel amerika serikat, yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus pelecehan seksual yang terjadi dilingkungan gereja. dicanti banyak mendapat bantuan dan petunjuk dari pastur fowler untuk mencari jejak pelaku yang ternyata dulu adalah mantan dari pastur juga.namun sayang ditengah pencarian jejak rekan dicanti tewas menjadi korban pembunuhan juga. ditengah suasana berkabung dicanti berlomba dengan waktu untuk menemukan dimana sang pembunuh bersembunyi sebelum pembunuhan selanjutnya terjadi lagi.

namun sang pembunuh ini tidak puas jika hanya menghilangkan nyawa sang kardinal saja, ia ingin agar publik mengetahui kejadian ini dan sebuah rahasia yang selama ini ditutup-tutupi oleh pihak gereja, dengan mengirimkan beberapa kaset rekaman yang ditujukan untuk para wartawan internasional.sayangnya rekaman itu hanya sampai pada seorang wartawan yang karirnya sedang diujung tanduk, seperti pepatah pucuk dicinta ulampun tiba, rekaman ini akan menjadi bahan untuk menyelamatkan karirnya yang selama ini terancam mati.

Akankah dicanti berhasil mengungkap kasus ini ? lalu siapakah pelaku dibalik pembunuhan para kardinal ? apakah motif penjahat ini ? akankah berita ini tersiar sampai ke publik berkat wartawan tadi ? lalu bagaimanakah nasib wartawan yang karirnya terancam mati? mending baca langsung novelnya biar ga spoiler..hehe

sejujurnya ini lebih mirip dengan angels & demonsnya dawn brown.,pertama cerita berlatar dipatikan dengan peristiwa besar dibelakangnya, kalau angel & demons ditengah penggantian paus,maka god's spy ditengah kematian paus,kedua penjahatnya yang juga ternyata orang dekat,ketiga jejak pelaku yang selalu meninggalkan tanda diatas tubuh korbannya,keempat twist yang diberikan diakhir cerita.namun angels & demon lebih berbau konsfirasi karena melibatkan organisasi-organisasi dunia yang selama ini dianggap kontroversi.

juan sudah berhasil membuat tokohnya begitu hidup, apalagi tokoh victor yang membuat saya simpatik terhadapnya, memang sih doi itu penjahat, tapi latar belakang hidup viktor yang kelam, menurut saya masuk akal kenapa ia akhirnya menjadi seorang psikopat gila.katanya juan sampe harus berkonsultasi dengan temannya yang seorang psikolog untuk menciptakan tokoh viktor, ga heran sih karena dibuku ini banyak bermain-main dengan psikologis.saya juga suka ketika novel ini mengungkapkan sejarah gereja dahulu kala, sampe sebuah organisasi rahasia yang dulu tugasnya untuk membantai para musuh tuhan.

cerita yang kaya akan konflik tapi saling berkesinambungan membuat fantasi kita bercabang, namun diakhir cerita cabang-cabang itu kan bertemu disatu titik,menjadi klimkas cerita yang membuat kita puas. tokoh-tokoh yang bertebaran didalamnya pun memiliki peran masing-masing yang begitu kuat untuk menunjang cerita, jadi tak hanya lewat sebagai piguran belaka.secara keseluruhan saya sangat suka dengan novel ini, tidak terlalu berbau konsfirasi namun tetap bisa menyuguhkan cerita menarik berlatar agama.

2 komentar:

  1. Cerita seperti ini mengingatkan saya pada novel-novel Dan Brown :D

    BalasHapus
  2. iya, :D ini memang mengusung tema yang sama dengan davinci kode dan angel & demonsnya dan brown..hehe

    BalasHapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law