21 Jul 2014

Tips untuk penulis pemula dari stephen king

bagi yang senang menulis dan punya cita-cita untuk menjadi penulis saya punya tips yang mungkin bisa membantu untuk meraih cita-cita tersebut.mungkin kalian akan menemukan beribu-ribu tips menulis yang ditemukan di google, namun saya akan menambahkan tips berikut dari seorang penulis favorit saya opah king.. :D yang dilansir langsung hasil wawancara dari situs http://www.businessinsider.co.id


Berikut adalah 22 tips dari stephen king tentang bagaimana menjadi seorang penulis yang luar biasa:

1 .Berhenti menonton televisi. Sebaiknya, membaca sebanyak mungkin.
    Jika Anda memiliki cita-cita menjadi penulis hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauhi televisi. karena benda tersebut adalah "racun kreativitas," . Penulis harus melihat ke dalam dirinya sendiri dan berpaling ke kehidupan imajinasi. harus membaca sebanyak mungkin. king membawa buku ke mana pun dia pergi, bahkan dia membaca saat makan. "Jika Anda ingin menjadi penulis, Anda harus melakukan dua hal yang lebih giat dari orang lain: banyak membaca dan banyak menulis" . 

2 bersiap untuk kegagalan dan siap untuk dikritik. 
   menulis fiksi itu serperti  menyeberangi Samudera Atlantik di bak mandi, karena akan  banyak kesempatan bagi keraguan diri.Anda tidak hanya akan meragukan diri sendiri, tapi orang lain akan meragukan Anda.jika anda menulis atau melakukan hal apapun orang lain akan mencoba untuk membuat Anda merasa lebih buruk  tapi, Anda harus terus menulis bahkan ketika Anda merasa seperti itu.Menghentikan sebuah pekerjaan hanya karena sulit, baik secara emosional atau imajinatif, adalah ide yang buruk,  "Optimisme adalah tanggapan sah kegagalan."  

3 Jangan buang waktu untuk mencoba  menyenangkan orang lain
   Menurut King, keras kepala dalam menulis harus mulai ditanamkan didiri anda. "Jika Anda berniat untuk menulis sejujur ​​mungkin, lakukanlah, biarkanlah tulisan tersebut keluar dari kepala anda. jangan terjebak layak atau tidak layaknya tulisan, atau sopan tidak sopannya bahasa yang digunakan. yang penting tulis dulu, dan jangan pedulikan persaan ataupun lingkungan" .king dulu malu dengan apa yang ia tulis, terutama setelah menerima surat dari penggemarnya dengan menuduhnya fanatik, homophobic, pembunuh, dan bahkan psikopat.

Pada usia 40, ia menyadari bahwa setiap penulis yang sukses telah dituduh penggemarnya dengan hal macam2 karena tidak sesuai dengan tokoh atau cerita yang diinginkan pembaca."Jika Anda tidak setuju, saya hanya bisa mengangkat bahu. Itu yang saya miliki. "Anda tidak dapat menyenangkan semua pembaca Anda sepanjang waktu, sehingga king menyarankan agar Anda tidak terlalu mengkhawatirkannya. 
 


4. Menulislah untuk diri sendiri
    anda harus menulis karena alasan kebahagiaan dan kewajiban. king berkata, "Aku melakukannya untuk kebahagian. Dan jika Anda dapat melakukannya untuk kesenangan, Anda dapat melakukannya selamanya. "

Penulis Kurt Vonnegut memberikan wawasan yang sama: "Cari topik yang Anda sayangi dan yang ada dalam hati Anda " katanya.


 5. Tackle hal-hal yang paling sulit untuk menulis
    Hal yang paling penting adalah hal yang paling sulit untuk dikatakan," tulis King.anda akan ragu mengatakannya karena terkendala dalam pemilihan kata-kata.tulislah garis besar cerita terlebih dahulu dan jangan hiraukan pemilihan kata untuk sementara. "Menulis adalah pemikiran halus."

Ketika menangani masalah yang sulit, pastikan Anda menggali dalam-dalam. king mengatakan, "Cerita adalah hal-hal yang ditemukan, seperti fosil di tanah,Cerita adalah peninggalan, bagian dari yang sudah ada sebelumnya tapi belum ditemukan di dunia. Penulis harus seperti arkeolog, menggali sebanyak mungkin cerita karena mereka dapat ditemukan.


6 Saat menulis, memutuskan sambungan dari seluruh dunia.  


   Menulis harus menjadi aktivitas yang intim. letakan meja Anda di sudut ruangan, dan menghilangkan semua hal yang dapat menimbulkan gangguan, seperti ponsel. Anda harus menjaga privasi total antara Anda dan pekerjaan Anda. Menulis draft pertama benar-benar mentahhal yang saya merasa bebas untuk menulis apapun, tulis tanpa mempedulikan orang lain.king menyarankan, "Tulis dengan pintu tertutup; menulis ulang dengan pintu terbuka. "


7 Jangan megah.
   "Salah satu hal yang benar-benar buruk yang Anda lakukan untuk tulisan Anda adalah  berdandan kosakata, mencari kata-kata panjang karena Anda mungkin malu dengan kalimat pendek," kata king. Dia membandingkan kesalahan ini dengan mendandani hewan peliharaan dengan gaun pesta malam - baik hewan peliharaan dan pemilik malu, karena itu benar-benar berlebihan.

8 Hindari kata keterangan dan paragraf panjang.  
   king menekankan beberapa kali dalam memoarnya, "kata keterangan bukanlah teman Anda." Bahkan, ia percaya bahwa "jalan menuju neraka ditaburi dengan adverbia" . Keterangan yang terburuk setelah "katanya" dan "katanya" ungkapan-ungkapan tersebut sebaiknya ditulis tanpa hiasan dan berulang-ulang. Anda juga harus memperhatikan paragraf Anda, sehingga mereka mengalir dengan ritme cerita yang baik. "Paragraf hampir selalu sama pentingnya " kata king.

9. Jangan terlalu terjebak dalam tata bahasa.  
   Menurut King, menulis terutama tentang rayuan, bukan presisi. "Bahasa tidak selalu harus memakai dasi dan sepatu renda-up," tulis King. "Tujuan fiksi bukan kebenaran gramatikal tetapi untuk membuat pembaca datang dan kemudian bercerita." Anda harus berusaha untuk membuat pembaca lupa bahwa ia sedang membaca sebuah cerita sama sekali.  

10 Guru seni deskripsi.
     "Keterangan dimulai dalam imajinasi penulis, tetapi harus finis di pembaca," tulis King. Bagian penting adalah tidak hanya banyak menulis, tetapi membatasi berapa banyak yang Anda katakan. Visualisasi apa yang Anda ingin hadirkan dikepala pembaca, dan kemudian menerjemahkan apa yang Anda lihat dalam pikiran Anda dengan kata-kata pada halaman. Anda perlu menjelaskan hal-hal "dengan cara yang akan menyebabkan pembaca Anda merinding," katanya.

Kunci untuk penjelasan yang baik adalah kejelasan, baik dalam observasi dan secara tertulis. Gunakan gambar segar dan kosakata sederhana untuk menghindari melelahkan pembaca. "Dalam banyak kasus ketika pembaca mengesampingkan cerita karena itu mendapat membosankan, 'kebosanan muncul karena penulis tumbuh terpesona dengan kekuatannya deskripsi dan kehilangan pandangan prioritas,"


11. Jangan memberikan informasi latar belakang terlalu banyak. 
      Apa yang perlu Anda ingat adalah bahwa ada perbedaan antara ceramah tentang apa yang Anda ketahui dan menggunakannya untuk memperkaya cerita," tulis King. Yang terakhir ini baik. Yang pertama  tidak. Pastikan Anda hanya mencakup rincian yang menunjang cerita  ke depan dan yang membujuk pembaca  untuk melanjutkan membaca. Jika Anda perlu melakukan penelitian, pastikan itu tidak membayangi cerita. Anda mungkin terpesona oleh apa yang Anda pelajari, tapi pembaca hanya akan peduli banyak tentang karakter dan cerita Anda saja.

12. Ceritakan kisah tentang apa yang sebenarnya dilakukan orang.
       "menulis buruk lebih dari masalah sintaks kotoran dan observasi rusak. menulis buruk biasanya timbul dari penolakan pikiran untuk bercerita tentang apa yang orang benar-benar lakukan.untuk menghadapi kenyataan, mari kita katakan, bahwa pembunuh kadang-kadang membantu wanita tua menyeberang jalan, "tulis King. karakter yang anda buat sebaiknya membuat pembaca peduli pada tokoh tersebut, jangan sepenuhnya jahat atau baik, tapi gunakan 2 dimensi yang berbeda. ketika anda membuat tokoh protagonis, sisipkan sedikit adegan bahwa tokoh protagonis tersebut masih memiliki rasa peduli atau kebaikannya.

13. mengambil resiko dan tidak bermain aman. 
     Pertama dan terpenting, berhenti menggunakan suara pasif. Ini adalah indikator terbesar ketakutan. "Saya yakin bahwa rasa takut adalah akar dari yang paling buruk dari proses menulis," kata king. Penulis harus melemparkan, menghapus, atau mengotak-ngatik tulisan. "Coba setiap hal yang menurut anda baik dan yang Anda suka, tidak peduli seberapa baik atau buruk. Jika bagus untuk cerita, ambil. Jika tidak, buang, "kata king.

14. Sadari bahwa Anda tidak perlu obat untuk menjadi penulis yang baik. 
     Gagasan bahwa usaha kreatif dan suatu zat bisa mengubah pikiran dan saling berhubungan dengan proses kreatif adalah salah satu pop-intelektual mitos besar," kata king. Di matanya, penulis yang menggunakan zat adiktif atau apapun, hanya menjadikan tulisan sebagai alasan untuk mengkonsumsi suatu zat atau obat saja.  "Setiap klaim bahwa obat-obatan dan alkohol yang diperlukan untuk membosankan sensibilitas halus hanya biasa mementingkan diri sendiri omong kosong." ucap stephen king.kita tak merlukan obat apapun untuk bisa menulis.

15. Jangan mencoba untuk mencuri suara orang lain.
     king berkata, "Anda tidak dapat bertujuan buku seperti rudal jelajah." Ketika Anda mencoba untuk meniru gaya penulis lain untuk alasan apapun selain latihan, Anda  tidak akan menghasilkan apa-apa selain "karya imitasi ."
 

16 Memahami bahwa menulis adalah suatu bentuk telepati.  
"Semua seni tergantung pada telepati untuk beberapa derajat, tapi saya percaya bahwa menulis adalah penyulingan murni," kata Raja. Sebuah elemen penting dari menulis adalah transferensi. Tugas Anda adalah untuk tidak menulis kata-kata di halaman, melainkan untuk mentransfer ide-ide di dalam kepala Anda ke dalam kepala pembaca Anda. "Kata-kata hanyalah media melalui mana transfer terjadi," kata Raja.

17. Menulislah dengan serius.  
     "Anda bisa mendekati tindakan menulis dengan gugup, kegembiraan, penuh harapan, atau putus asa," kata king. Jika Anda tidak serius dalam menulis, ia menyarankan bahwa Anda untuk menutup buku dan melakukan sesuatu yang lain.

Sebagai penulis Susan Sontag mengatakan, "Cerita harus menyerang saraf - dalam diriku. Hatiku harus mulai berdebar ketika saya mendengar baris pertama di kepala saya. Aku mulai gemetar dengan risiko. "
 


18. Tulis setiap hari.  
     "Setelah saya mulai bekerja pada sebuah proyek, saya tidak berhenti, dan aku tidak memperlambat kecuali aku benar-benar harus," kata king. "Jika saya tidak menulis setiap hari, karakter mulai basi atau bahkan mati dalam pikiran saya ... saya mulai kehilangan pegangan di plot cerita dan kecepatan."

Jika Anda gagal untuk menulis secara konsisten, semangat untuk ide Anda mungkin mulai memudar. Ketika pekerjaan mulai merasa seperti bekerja itu berbahaya, king menjelaskan itu bagaikan "berciuman dengan kematian." Saran terbaik adalah "memaksakan diri." 


19 Selesaikan draft pertama dalam tiga bulan. 
    Raja suka menulis 10 halaman per hari. Selama rentang tiga bulan, yang berjumlah sekitar 180.000 kata.tapi lebih cepat lebih baik. 3 bulan adalah batas masimal dimana pikiran kamu mulai bosan dan basi dengan cerita yang dibuat (kecuali penulis profesional).
 

20. Setelah selesai menulis, mengambil langkah panjang kembali.

king menyarankan enam minggu "waktu penyembuhan" setelah Anda selesai menulis, sehingga Anda dapat memiliki pikiran yang jernih untuk melihat ada lubang mencolok di plot atau pengembangan karakter. Dia menegaskan bahwa persepsi asli seorang penulis dari karakter bisa sama dengan pembaca. Raja membandingkan proses penulisan dan revisi dengan alam. "Ketika Anda menulis sebuah buku, Anda menghabiskan hari demi hari seperti menumbuhkan sebuah pohon," tulisnya. "Setelah selesai, Anda harus memangkasnya, agar pohon terlihat baik dan rapih.


21. Memiliki nyali untuk memotong.  
     Ketika merevisi, penulis sering  sulit melepaskan kata-kata yang mereka buat,  karena telah menghabiskan banyak waktu untuk menulisnya. Tapi, king menyarankan, "Bunuh kesayangan Anda, membunuh kesayangan Anda, bahkan ketika anda merasa tidak rela, kalau itu hanya merusak cerita, bunuh saja kesayangan anda."  

Meskipun revisi adalah salah satu bagian yang paling sulit dari menulis, Anda perlu meninggalkan bagian-bagian yang membosankan untuk mementingkan jalan cerita. Dalam nasihat tentang menulis, Vonnegut menyarankan, "Jika kalimat anda, tidak peduli seberapa baik, tidak menerangi subjek Anda dalam beberapa cara baru dan berguna, coret saja."  

22. Tetap menikah, sehat, dan menjalani kehidupan yang baik.

rahasia king dalam keberhasilannya hanya dua hal: kesehatan fisik dan pernikahannya. "Kombinasi dari tubuh yang sehat dan hubungan yang stabil dengan seorang wanita mandiri dan dengan orang lain telah membuat kelangsungan kehidupan kerja saya , mungkin." tulisnya.
 

tips yang mungkin akan sulit untuk dijalani adalah yang nomer 18, tapi seberapapun kuat dan serius anda untuk meraih cita-cita, apapun baik penulis atau bisnismen, atau polisi hal yang paling penting ingat tips terakhir dari opah king, tetap menikah, tetap sehat dan menjalani kehidupan yang baik..dan satu lagi keep calm and read book.
  

5 komentar:

  1. Balasan
    1. wahhh.. ada mba putri indonesia main kesini.. makasih..makasih..makasih..hehe

      Hapus
  2. Wainiiiiiii

    Kerennn...no 22 noted banget hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dunia tulis-menulis jangan sampai mengorbankan kehidupan pribadi kita..hehe

      Hapus
    2. hehe

      Iyaa..betul

      Salam kenal ya

      Hapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law