1 Jun 2014

Kisah-Kisah Tengah Malam

"apakah aku gila ?" ya anda memang benar-benar gila mbah. kata itu cocok untuk jawaban pertanyaan-pertanyaan allan poe di dalam setiap cerpennya. kisah-kisah tengah malam buku yang membuat ke tiga belas cerpen allan poe dengan berbagai kisah dan tema. judul pertama dibuka dengan kisah psikopat gila yang membunuh orang tua hanya gara-gara mata. Wtf ?? hahaha... kalau selama ini banyak kisah psikopat yang membunuh karena kesenangan saja sudah keren, apalagi ini membunuh karena hal konyol. namun jangan kira cerpen berjudul "gema jantung yang tersiksa" ini adalah sebuah komedi, kecuali kamu menganggap adegan mutilasi sebagai bagian dari humor.

semua cerpen ini bergenre suspense namun ada yang masuk kategori gore, horror mistik bahkan komedi. tapi walaupun ada komedi tetap saja membuat jidat saya mengkerut, seperti dalam judul "obrolan dengan mummy" walapun dalam kisah ini tak ada yang disakiti dan hanya sebuah obrolan ringan mumy dan profesor namun tetap saja ketika allan poe menggambarkan tubuh mummy, adegan pengawetan mayat, pembedahan perut itu semua membuat perut saya mual ketika membayangkannya.

dari ketiga belas cerpen, cerita yang paling berkesan menurut saya "kucing hitam" dan "hop-frog". kucing hitam berkisah tentang penyiksaan binatang, mungkin karena kisah kucing hitam sudah terlalu lekat dengan lingkungan kita. dibarat maupun dinegara kita kucing hitam sudah diidentikan dengan hal-hal mistis.ditambah mitos bila kita membunuh kucing akan berakibat petaka, semakin melengkapi sudah kengerian cerita dalam cerpen ini.sedangkan "hop-frog" mengingatkan saya pada kisah si kancil dimana dia adalah binatang pintar yang selalu membodohi binatang-binatang buas dan besar. nah cuma bedanya dalam hop-frog sang tokoh digantikan dengan manusia, dan tentu saja dengan menambah bumbu gore disana-sini sehingga menjadi sebuah cerita horror.

dan cerita terseram versi saya jatuh pada cerpen berjudul "kotak persegi panjang". saya itu orang yang takut laut, entah karena alesan apa, bagi saya laut itu teror, melihat gulungan ombak yang besar saja menurut saya itu adalah sebuah ancaman. makanya film-film horror yang berbau laut-laut gitu sudah berhasil meneror saya, seperti film  ghost ship atau triangle. belum berhenti dengan latar laut yang mengerikan tema yang diangkatpun cukup mencekam, tentang mayat perempuan, tentang cinta dan pengorbanan.bila kamu sering melihat berita-berita tentang orang-orang gila yang menyimpan mayat karena alasan cinta, nah cerpen "kotak persegi panjang" ini bertema seperti itu.

hampir disemua cerpen allan poe bernuansa gelap, getir dan mencekam.dan memiliki kesamaan yaitu kisah-kisah orang yang abnormal, walapun ada tokoh yang menjadi protagonis tetap saja dia melakukan hal-hal yang mengerikan dengan berbagai alasan, mulai dari dendam sampai alasan konyol. dan lebih tragisnya lagi tema-tema kelam dalam cerpennya menular pada kehidupan nyatanya. bahkan hingga akhir hayatnya kegelapan masih menyelimuti allan poe. maka untuk mengenal dunia kegelapan yang menyelimuti penulis ghotic yang satu ini, "kisah-kisah tengan malan" sangat recomended untuk dibaca.



5 komentar:

  1. Shaddow where are you??? Kok lama ngga nongol dan ngepost?
    hehehe

    -Epik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya epik.., lagi puasa baca novel, lagi sibuk ga jelas., lagi banyak tugas kuliah, lagi persiapan buat uas.., T-T hehe

      Hapus
    2. Oh gitu ya... ini Epik juga lagi uas sih (hampir selesai lebih tepatnya besok selesai),

      Iya Epik paham kok menderitanya ngga bisa baca buku gara-gara tugas+uas... :)

      Semangat ya Shaddow :D
      Kami admin KIKOS setia menunggumu #eyaaaa

      -Epik-

      Hapus
    3. wah makasih epikk..hehe
      tapi sambil nunggu, boleh loh baca2 review film di blog aku yang lain *promo..hahaha
      http://film-men.blogspot.com/

      Hapus
    4. wahhh oke oke Epik bakal mampir... wah banyak banget blog yang dikelola...ngga pusing? ini aja ngelola KIKOS udah galau minta ampun #curhat ahahaha

      -Epik-

      Hapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law