1 Mei 2014

FranKensteiN

apa yang ada dalam pikiran kita ketika ada orang yang menyebutkan kata Frankenstein ? pasti yang terbayang dalam kepala adalah makhluk besar berwarna hijau dengan besi yang menacap di leher. kata Frankenstein memang sudah melekat pada ingatan kita bahwa nama tersebut adalah nama sesosok makhluk mengerikan. namun tahukah anda kebenaran yang sesungguhnya ?

Frankenstein adalah nama seorang ilmuan, atau nama lebih lengkapnya victor Frankenstein. dia adalah orang yang menciptakan makhluk besar yang menyeramkan tersebut.jadi sebenarnya makhluk hijau nan menakutkan itu tak memiliki nama.

novel ini sudah diadaptasi kedalam layar lebar, dan filmnya telah menjadi salah satu film horror klasik yang menjadi legend sampai sekarang.namun bila kita menengok sosok makhluk ciptaan frankenstein yang dideskripsikan novel dan visual di film sangatlah berbeda.

frakenstein memiliki karakter yang unik, dia terlahir seperti bayi namun dengan kondisi tubuh yang besar dan mengerikan.melalui petualangan yang dilakukannya, dia mulai belajar tentang perasaan, belajar memfungsikan hati yang dimilikinya. dari petualangan tersebut akhirnya frakeintein belajar tentang kesengsaraan dan kepedihan yang akhirnya membuat dia menjadi makhluk yang  kejam dan mengerikan secara emosional.obsesinya untuk balas dendam pada tuannya memakan korban manusia-manusia yang tak berdosa.

tidak banyak persitiwa atau adegan yang coba dibangun dalam novel ini, karena hampir separuh isinya hanya menceritakan tentang perasaan yang dialami kedua tokoh utama kita, sangat menarik. apalagi ketika Pov berpindah pada frankenstein, kita bahkan bisa merasakan kegelisahan yang sedang dialaminya.

dan setelah saya googling dengan kata kunci frankenstein, kata tersebut merujuk pada novel mary shelley ini, itu artinya penulis legend ini telah berhasil menciptakan makhluk baru dalam imajinasi setiap orang.memang bukan hal baru, karena makhluk ciptaan viktor ini sama dengan mayat hidup pada umumnya, cuma beda caranya bangkitnya saja..hehe kalau dicina bangkit karena berhubungan dengan mistis, nah disini lebih ke ilmiah karena orang2 eropa terkenal sebagai pencetak para ilmuan. walaupun tidak disebutkan secara terperinci teori atau rumusnya untuk membangkitkan makhluk tersebut.

tapi kita ga bisa melupakan jasa james whale yang udah memvisualisasikan makhluk ciptaan frankenstein ini ke dunia nyata., sehingga kata frankenstein itu melekat dan bayangannya bisa ada dikepala kita.sejak saat itulah makhluk frakeinstein baik dalam film sekuelnya ataupun dalam bentuk animasi bentuknya berpatokan pada makhluk ciptaan yang pertama james whale buat.

dan bulan kemarin baru saja realese film frakeinstein terbaru.apakah ini film adaptasi novelnya atau remake dari film terdahulunya, dari rasa penasaran itulah saya berangkat ke bioskop untuk nonton "i frankenstein". dan cerita dasar novel mary shelley hanya sebagai tempelan dalam opening, hanya sebagai latar bahwa ini benar-benar film ftankenstein, lalu cerita selanjutnya ? hanya sebuah imajinasi liar dari sang sutradara yang menjadikan frakenstein sebagai pahlawan.tak ada lagi sosok makhluk besar dengan kulit hijau dan tancapan besi, disini telah berevolusi menjadi manusia yang tampan rupawan dengan banyak aksi. secara visualisasi memanjakan mata tapi secara cerita biarlah ini hanya menjadi sebuah film fun semata.



0 komentar:

Posting Komentar

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law