18 Jan 2014

The Lost Symbol

untuk melengkapi serial Robert langdon, the lost symbol wajib hukumnya buat masuk daftar koleksi. hanya tinggal angel & demon satu novel yang belum saya miliki untuk memenuhi barisan novel dan brown di lemari...hehe. penulis yang satu ini masih senang dengan tema-tema kontroversi, kalau sebelumnya bermain-main dengan sebuah keyakinan maka kali ini dia menangkat tema tentang sebuah kelompok atau bisa dibilang organisasi yang keberadaannya menjadi kontroversi publik, bukan hanya amerika tetapi juga dunia.

mungkin kita sering mendengar kata fremason, organisasi apakah itu ? apakah sebuah organisasi negara atau sebuah agama, dan brown disini akan mengupasnya lebih dalam, yang pasti selama ini kita selalu meyakini bahwa fremason adalah kelompok yang kurang baik dan menjadi musuh agama.bukan cuma islam tapi ternyata gereja juga. kalau dalam islam yang menjadi alasan kenapa fremason adalah musuh agama karena kontorversi seputar symbol yang digunakan organisasi ini, yaitu segitiga dan mata satu. karena dalam islam mata satu identik dengan dajjal. dajjal dalam islam diyakini sebagai makhluk yang diturunkan tuhan ketika akhir jaman untuk menghancurkan dunia, ada juga yang menyebutkan dajjal adalah raja dari para iblis.

namun ternyata organisasi ini telah ada sejak abad ke 16 (ini menurut wikipedia), entah apa misi kelompok ini saya masih belum mengerti, karena dalam novel ini dan brown tidak menceritakan visi dan misi yang hendak dilakukan dari kelompok fremason. dan hal yang mencengangkan adalah bahwa anggota dari kelompok ini adalah orang-orang besar, seperti para ilmuwan dan para pejabat besar di amerika. dan satu lagi fakta yang saya ketahui tentang kelompok ini, bahwa mereka sangat menyukai simbol-simbol kuno yang mereka sisipkan melalui  karya yang kelompok mereka ciptakan maupun melalui media hiburan ke publik untuk menunjukan eksistensi keberadaan kelompoknya.

sinopsis :
 Robert langdon mendapat undangan dari sahabat lamanya untuk mengisi sebuah acara. namun undangan tersebut menjadi awal terseretnya dosen symbolog ini kedalam sebuah kasus yang berbahaya. peter solomon diculik, undangan yang diterima langdon ternyata undangan palsu. si penjahat mengincar sebuah harta kuno milik organisasi fremason, kunci dan peta yang berupa simbol menjadi alasan si penjahat melibatkan robert langdon. petualangan langdon pun dimulai untuk memcahkan kode-kode sekaligus menyelamatkan sahabatnya ditemani katherine solomon. bahaya seperti apakah yang akan dihadapi ? tempat mana lagi yang akan dijelajahi langdon ? dan harta seperti apakah yang menjadi incaran si penjahat ? apalagi kasus kali ini melibatkan petinggi CIA yang pastinya akan lebih seru..

kalau menurut saya dan brown selalu menggunakan template yang sama dalam setiap cerita langdon,bahaya besar, menjadi buronan, patner wanita dan kecepatan waktu. tapi hal tersebut tidak menjadikan saya bosan karena twistnya selalu saja tidak tertebak.kasusnya sama seperti serial doraemon yang selalu menggunakan template sama, tapi hal yang kita tunggu-tunggu adalah saat doraemon mengeluarkan alat baru, nah sama halnya dengan langdon,  momen yang ditunggu adalah saat munculnya symbol baru yang akan dipecahkan.

kelebihan dan brown memang terletak pada latar-latar yang digunakan dalam novelnya, saya yakin dan brown pasti melakukan riset yang cukup lama untuk mendukung ceritanya agar lebih sempurna, karena tempat, isitilah maupun sejarah semuanya berdasarkan kejadian nyata, nah dengan lihainya dan brown mejadikan sejarah-sejarah tersebut sebagai bagian dari cerita fiksinya.atau saksikan film-film adaptasinya

dimana semua tempat yang disebutkan didalam novel memang nyata adanya sampai hal-hal detail bangunan tersebut, seperti dalam film the davinci code dimana ketika langdon mendatangi makan isaac newton, detail-detail symbol yang berada diatas makamnya sama persis yang digambarkan dalam novel.

disini juga kita akan belajar sejarah, karena kelompok fremason ini ternyata sangat menjungjung tinggi nilai-nilai kebudayaan kuno, tahu ga ? kalau symbol itu adalah alat komunikasi yang digunakan orang-orang kuno dulu untuk berkomunikasi, nah mungkin kita sering liat di film-film tentang manusia goa yang menggambar di dinding-dinding goa, itu katanya bisa disebut symbol tertua, nah seiring berjalannya waktu symbol-symbol ini semakin bermunculan adanya dan semakin sering digunakan oleh orang-orang, khususnya para ilmuan dan orang-orang kerajaan. setiap symbol yang dibuat tidak diciptakan begitu saja, tapi setiap symbol diciptakan dengan filosofinya. seperti misalnya lambang pria dan wanita dalam ilmu kesehatan yang berbentuk tandah plus dan panah itu ternyata adalah lambang kuno juga,atau bahasa kuno yang sampai sekarang banyak digunakan orang yaitu "abra kadabra" yang ternyata memiliki arti "ketika bicara, aku menciptkan". jadi kesimpulannya ternyata hal-hal yang selama ini kita abaikan memiliki arti tersendiri dan berhubungan dengan sejarah besar dimasa lalu.

dalam novel ini lebih banyak simbol-simbol yang akan diungkapkan, karena seperti yang kita tahu organisasi fremason ini sangat kaya akan symbol, seperti misalnya symbol mata satu, segitiga, angka 33, huruf G, jangka,dan brown disini membeberkan arti dari simbol-simbol tersebut dengan gamblang,, kalau penasaran langsung keep calm and read ya...

3 komentar:

  1. waaahhh.... Epik baru aja pinjem novel ini dari temennya Epik.... tapi lagi-lagi belum sempat baca (maklum daftar buku yang harus dibaca masih panjang) hahaha...

    makasih ya review'annya Epik jadi semakin tertarik untuk baca nih...

    -Epik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin ke barisan paling depan epik..biar cepet dibaca..haha

      Hapus
    2. oke oke bisa diatur~ hahaha ^^

      -Epik-

      Hapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law