22 Sep 2013

Katarsis : thriller psychology dalam negri

novel psychothriller indonesia pertama yang saya baca, apa ini memang novel genre tersebut yang pertama di indonesia ? saya ga bisa mengiyakannya, karena saya belum  membaca semua novel dalam negri, jadi takut dibilang sotoy nantinya..hehe. mba anastasia boleh berbangga hati karena ini novel indonesia pertama yang saya beli tahun ini, yup cuma novel ini, karena novel genre favorit saya yang terbit setiap tahunnya bisa dihitung dengan jari khususnya karya penulis dalam negri, karena kebanyakan cuma terbit ulang dengan cover baru, seperti novel-novel abdulah harapap dan mara gd. jadi untuk tetap memenuhi kebutuhan saya akan cerita-cerita mistery penulis luarlah yang jadi pelampiasan..hehe

walaupun ini thriller tapi kita udah bisa menebak misteri didalamnya hanya dengan membaca sinopsis yang ada dibelakang novelnya loh.,. kalau kamu sering membaca cerita atau nonton film jenis serupa pasti udah bisa menebak misterinya, tapi saya paham mba anastasia emang bukan menguatkan cerita pada twist yang akan diberikan diakhir certianya koq, tengok deh film i saw the devil, yang memiliki konsep cerita hampir sama. ya.. ini bukan cerita tentang psikopat bertopeng yang membantai setiap tokoh dalam cerita kemudian membuka topengnya diakhir untuk memberikan kejutan kepada kita.

sinopsis :
 keluarga johandi menjadi korban pembantaian, satu keluarga tersebut tewas dengan cara mengenaskan. yang selamat hanya seorang gadis berusia 18 tahun. Tara johandi satu-satunya keluarga johandi yang selamat dan ditemukan dalam sebuah kotak perkakas.namun menurut polisi pelaku dari pembantaian keluarga johandi adalah sepasang kekasih yang sudah menjadi buron karena menjadi pelaku perampokan dibeberapa tempat. namun benarkan sepasang perampok ini pelakunya ? karena setelah ditangkap, pembunuhan berantai yang melibatkan kotak perkakas masih terjadi.

jika biasanya cerita thriller selalu menutupi penjahat dibalik kasus yang terjadi, namun tidak dengan katarsis. pelaku pembunuhan sudah dipaparkan ditengah halaman. apa ini thriller jenis baru ? bukan tentu saja bukan, udah banyak  yang memakai konsep ini dalam cerita, mungkin the silence the lamb, walapun masih memiliki mistery didalamnya. atau kalau dalam film, masih ingat film korea "i saw the devil" yang ceritanya mengulas tentang kehidupan seorang psikopat, nah katarsis juga kurang lebih sama, yaitu mengulas kehidupan psikopat. kesadisan bukan menjadi bumbu utama dalam cerita,karena kita mengikuti cerita dibalik tokoh sang psikopat, tentu saja sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh tokoh utama kita terasa wajar, walapun sedikit ngeri dengan kesadisan yang dipaparkan.

kenapa terasa wajar ? wong tokoh utama kita ini terlahir emang sudah gila..hehe jadi wajar kalau orang gila melakukan hal yang tidak wajar.namun yang menarik adalah gambaran yang dirasakan psikopat tersebut yang diceritakan kepada kita, mulai dari kehidupannya sampai psikologinya, yang membuat saya berasumsi bahwa orang gila itu ternyata normal, lebih normal malah dari orang normal, bingung kan ? hahaha.., cek dokter hanibal yang ternyata lebih pintar dari orang normal, nah emosi Tara yang diceritakan juga terasa lebih pintar, malah sejak ia masih bocah, cek saat dia membunuh ibunya, bagaimana bocah sekecil itu bisa mempunyai pikiran picik dengan menjatuhkan gelas sebagai jebakan.

banyak pembaca yang bilang bahwa mereka merasa kebingungan saat perpindangan POV kedua tokoh kita yaitu tara dan ello,.kali ini saya mau belain mba anastasia ah..hehe,. engga koq, menurut saya ga membingungkan, bahkan saat saya membaca untuk pertama kalinya. karena mba anastasia sudah memberi bocoran atau kunci saat perpindahan POV tersebut di awal paragraf. mungkin perlu dibutuhkan konsentrasi ekstra saja karena kita terjebak dengan jalan cerita yang dibawakan tara saat diawal cerita, jadi kita menggap cerita hanya dibawakan dari sudut pandang tara saja.

oke, di goodreads saya memberikan 4 bintang untuk katarsis karena baru kali ini psikopat indonesia terlahir sudah gila tanpa membawa embel-embel motif sakit hati ataupun motif ekonomi..,sangat mencekam, mengerikan namun terasa manis saat dibaca,,hehe keep calm and read katarsis and kita tunggu novel berikutnya dari anastasia aemilia..


2 komentar:

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law