21 Jul 2013

The yellow wallpaper

pernah ga ketika kita diam diatas kursi dan bengong menatap dinding rumah yang bernoda tiba-tiba kita tersadar bahwa noda tersebut menghasilkan gambar sesuatu, saya seringnnya menemukan gambar monster karena noda hitam yang tersusun tidak beraturan..mungkin untuk rumah yang terawat dan selalu rajin mengecat dindingnya tidak akan pernah mengalami hal seperti itu, tapi dulu ketika masih kecil dan tinggal dirumah nenek..saya sering merasakannya.

nah cerpen ini membawa kita pada kenangan tersebut, dimana dilihat dari sudut pandang yang menakutkan. seorang istri dokter yang mengalami keanehan selama tinggal dirumah yang disewa suaminya sebagai tempat pemulihan atas depresi yang dialaminya.

keanehan yang terjadi khususnya dikamar yang ia diami, dimana hal-hal menyeramkan selalu terjadi yang bersumber dari wallpaper dinding yang sudah usang dan bernoda.yang ia yakini tempat besarangnya wanita misterius yang sering keluar dan merayap dengan cepat.

disamping cerpen ini diterbitkan beberapa puluh silam kebelang yang memiliki kekuatan cerita yang sangat kuat karena setiap kalimat yang tersusun tidak sesederhana yang kita kira, karena bila kita cari info mengenai cerpen ini ternyata menceritakan pengekangan hak terhadap wanita pada masa itu, mungkin kalau di indonesia sejarah sebelum kartini dinobatkan menjadi pahlawan wanita..hehe cuma pintarnya gilman sang penulis mengisyaratkan pesan itu memalui kalimat-kalimat sederhana,seperti misalanya "john jangan sampe tahu kalau aku masih menulis karena dia akan marah" yang katanya memiliki makna masih dikekangnnya hak-hak wanita pada waktu itu.

cerpen ini adalah karya fenomenal dari sang gilman, walapun katanya ada beberapa paragraf yang hilang dari karya aslinya karena mungkin berbagai pertimbangan.coba bayangkan kalau versi aslinya mungkin akan lebih panjang lagi atau mungkin ceritanya lebih menarik lagi.

terlepas dari berbagai makna dan kontroversi yang dimilikinya, saya menganggap cerita the yellow paper memiliki cerita yang menarik apalagi ending cerita yang tidak bisa saya ceritakan karena akan spoiler..hehe mendingan duduk manis dan baca ceritanya sampai abis.. kalau masih bingung,, buka kembali dan baca ulang sampai kita terkejut oleh akhir ceritanya..

5 komentar:

  1. kalau dibayangan saya hantunya mungkin mirip sadako cuma bedanya ini keluar dari tembok.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener..koq saya ga kepikiran ya..ahahha

      Hapus
  2. keren ceritanya gan..kunjungan balik ya.. terima kasih

    BalasHapus
  3. punya the yellow wallpaper versi indonesianya ngga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya versi english.. tapi barusan saya browsing, ada yang udah nerjemahin, coba cek di blog ini :D http://rendiforevahwhatevah.blogspot.com/2011/10/terjemahan-novel-yellow-wallpaper.html

      Hapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law