28 Jun 2013

Detektif feng shui : misi khusus

pertama melihat covernya yang terbayang dikepala saya adalah detektif feng shui adalah komik jepang semacam detektif conan atau ini semacam novel grafik, wah pasti sangat seru untuk dibaca.karena minimnya informasi tentang buku ini dan saya sembrono mengambil begitu saja karena buku ini berada dirak diskon dengan angka diskon yang begitu besar, tanpa ragu lagi saya langsung menyamber buku ini .

namun ternyata dugaan saya salah, ini memang benar-benar novel. dan untuk pertama kalinya saya baru membaca novel yang isinya terdiri dari beberapa chapter dan lebih mirip komik dalam bentuk tulisan.

detektif feng shui bercerita tentang Mr. wong si ahli feng shui yang selalu terjebak dalam sebuah kasus kriminal dalam pekerjaannya. bersama asistennya joyce selalu menerima client yang aneh-aneh sehingga membawanya pada sebuah kasus kejahatan, dibanding harus menggunakan keahlian feng shui nya mereka berdua malah dituntut untuk mengasah kemampuan detektifnya untuk menyelesaikan kasus yang dihadapi.

dengan kepolosan yang dimiliki Mr. wong dia selalu dibuat kebingungan dengan istilah-istilah yang ada dalam sebuah kasus, hal itu membuat novel ini terasa lucu ketika membacanya.namun berkat kepintaran joyce dan keberuntungan yang dimiliki Mr. wong mereka selalu berhasil dalam memuaskan pelanggannya.

dengan menghadirkan sebuah cerita detektif yang ringan mirip dengan seri mma ramotswe cuma bedanya kalau seri detektif wanita nomer satu lebih banyak mengedapankan kehidupan sehari-hari yang menggambarkan kehidupan warga afrika, maka Mr. wong lebih seperti sitkom detektif yang menyuguhkan cerita yang berbeda-beda tiap chapternya dengan unsur komedi didalamnya.

namun sayangnya cerita-cerita yang ada didalam novel ini tidak semuanya seru, karena cerita dibagian depan tampak membosankan, karena seperti sebuah kasus yang nampak dipaksakan, seperti kasus penimbun ikan hias dalam apartemen. atau seperti chapter dipertengahan yang menceritakan pembunuhan seorang spamer yang tidak juntrung ceritanya karena berakhir begitu saja tanpa menemukan si pelaku sebenarnya.

gambaran sebuah ruangan yang diceritakan didalam novelpun sedikit membuat saya kebingungan untuk membayangkan, maklum karena kebanyakan rumah ataupun ruangan yang ada kebanyakan gaya modern yang belum pernah saya liat, karena berlatar di beberapa negara yang berbeda, seperti singapore dan india.

namun yang membuat novel ini seru adalah, karena kedua tokoh jagoan kita ini memiliki latar yang berbeda, usia yang berbeda, dan kebudayaan yang berbeda dan itulah yang membuat konflik antara mereka terkadang memancing tawa, seperti joyce seorang remaja berasal dari barat sedangkan Mr. wong seorang lelaki kuno yang berasal dari timur, perbedaan mereka dalam pandangan suatu hal yang membaut mereka harus beradu argumen dengan tetap mempertahankan egonya masing-masing membuat novel ini semakin asyik untuk dibaca.

well, walapun detektif feng shui bukanlah sebuah novel genre favorit saya, tetapi untuk mengisi waktu luang tidak ada salahnya untuk dibaca, dan pesan saya saat membaca novel ini bayangkan saja seperti membaca komik-komik jepang, karena ekrpresi yang diceritakan didalamnya akan nampak lucu ketika kita membayangkan ekspresi-ekspresi kartun jepang yang pernah kita liat.

0 komentar:

Posting Komentar

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law