14 Jun 2013

six suspects (vikas swarup)

tiba-tiba saja media dihebohkan dengan kematian vicky rai seorang anak mentri dalam negri uttar pradesh yang ditemukan tewas dirumahnya, diduga ia dibunuh oleh salah satu tamu undangan, karena ditemukannya bekas tembakan yang menembus dadanya. akhirnya polisi menahan 6 orang yang dianggap mencurigakan karena telah membawa senjata api.

vicky rai adalah seorang mafia sekaligus pemilik rai group of industries yang sangat dibenci oleh masyarakat, karena selalu lolos dari jeratan hukum. kasus yang terakhir adalah dia telah membunuh seorang bartender yang bernama Ruby gill. akhirnya vicky rai dijebloskan ke penjara untuk menunggu putusan pengadilan, namun dalam persidangan dia memenangkannya berkat bantuan ayahnya yang seorang mentri, hingga vicky rai terbebas dari jeratan hukum untuk kesekian kalinya, dan untuk merayakan kemenangannya itu dia mengadakan pesta besar-besaran dirumahnya sebelum akhirnya ia mati terbunuh.

akhirnya ke 6 tersangka ini digiring ke kantor polisi untuk dimintai keterangan, dan yang menarik adalah ke 6 tersangka ini memiliki latar belakang yang berbeda, tetapi mempunyai alasan yang sama kuat untuk menjadi pembunuh vicky rai. mereka adalah :
  • sabnam saxena seorang artis top bollywood, 
  • munna seorang pemuda yang tinggal di daerah kumuh dan berpropesi sebagai pencuri handphone,
  • larry page seorang warga negara amerika yang datang ke india untuk menemui gadis impiannya
  • eketi seorang pemuda dari suku onge yang sedang mencari batu laut yang ia percaya sebagai dewa pelindung bagi sukunya
  • mohan kumar seorang birokrat yang belakangan ini memiliki kepribadian ganda, yang terkadang bertingkah seperti mahatma gandhi
  • dan yang terakhir  jaganath rai yang tidak lain adalah ayah vicky rai seorang mentri dalam negri uttar pradesh

Review : jalan cerita yang berbeda
saya sering sekali membaca novel mistery, namun terkadang sudah bisa ditebak bagaimana jalan cerita yang disajikan, yaitu pembunuhan terjadi dan sisa ceritanya dihabiskan oleh pencarian jejak si penjahat oleh tokoh utama kita, ditengah cerita kita akan dibawa kepetualangan mencari fakta dan bukti melalui gerak-gerik tersangka maupun wawancara, ya walapun diakhir ceria kita selalu saja terjebak oleh teka-teki yang dibangun oleh si penulis.

namun sangat berbeda sekali dengan six suspects ini,justru kita akan dikenalkan dengan semua tokoh yang dicurigai menjadi tersangka, disini kita akan diajak mengenal satu persatu secara gamblang dan tak ada satupun yang ditutup-tupupi dari para terduga ini. tetapi dengan tetap setia menjaga  mistery yang  telah dibangun.cerita dibawakan dari sudut pandang yang berbeda-beda,namun pada awalnya kita akan dikenalkan dulu dengan seorang jurnalis investigasi  yang bertugas sebagai monolog untuk menyampaikan sebuah kasus yang akan kita pecahkan besama-sama nanti...hehe,

Review : karakter tokoh yang begitu kuat
jika ditanya apa salah satu keberhasilan sebuah novel dalam mengaduk emosi pembacanya, salah satunya adalah tokoh yang diciptakan dan berhasil dalam membangun sebuah karakter yang membuat kita merasa bahwa dia itu benar-benar hidup. novel ini dibagi kedalam 6 cerita yang berisi tentang kehidupan masing-masing tokoh yang sangat menarik untuk diikuti, keenam cerita tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, seperti si eketi seorang pemuda primitif yang harus berjuang hidup ditengah belantara metropolitan, atau mohan kumar dengan penyakit yang tiba-tiba dideritanya yang membuatnya sering bertingkah aneh.

ini seperti 6 cerita pendek yang saling keterkaitan satu sama lain sehingga menciptakan sebuah cerita baru, ke 6 tokoh memiliki karakter yang berbeda dan bertolak belaka, ada yang baik dan jahat, yang modern dan primitf, seorang bintang dan rakyat jelata.sangat kontras perbedaannya, terkadang kita dibuat tertawa oleh kepolosan eketi, dibuat geram oleh kelakuan mohan, dan dibuat prihatin oleh larry page yang menjadi korban kesialan selama berada di india.karakter yang diciptakan begitu hidup sehingga kita tenggelam saat membacanya.

Review : india yang digambarkan dari  2 sudut yang berbeda
disini kita akan diajak mengenal india lebih dalam lagi tentang keadaan kotanya, masyarakatnya, serta ragam budaya dan agama yang ada.disini vikas swarup menggambarkan india dari dusut yang berbeda, disisi lain ia menggambarkan keadaan kota yang begitu moderen lengkap dengan tempat-tempat mewah dan glamor, namun disisi lain ia menggambarkan disudut kota kecil yang begitu memprihatinkan dengan kondisi lingkungannya yang kumuh,kotor yang justru kita bisa dapatkan kebudayaan india sesunnguhnya dikota ini.

Review : konflik yang tersaji seperti rantai yang saling tersambung
pada awalnya saya mengira cerita yang disajikan seperti melebar dengan melibatkan banyak tokoh-tokoh piguran didalamnya, namun ketika membaca bab-bab berikutnya justru tokoh yang kita anggap hanya numpang lewat ini memiliki peran yang penting.sudah tidak diragukan lagi novel pertamanya Q&A (slumdog millionaire) justru banyak mengikat berbagai konflik yang ada sehingga tersambung menjadi sebuah rantai konflik yang yang saling terhubung,,mungkin itu salah satu ciri khas atau keunggulan dari bapak vikas..hehe very smart..
Review : multi klimaks
yang kita tunggu dari novel mistery adalah klimaks diakhir cerita yang membuat kita tercengang, six suspect akan memberi kita klimaks berkali-kali, karena si fakta-fakta baru terus terungkap, sehingga kita dibuat tercengan oleh akhir cerita yang menakjubkan. mungkin ini semacam klimkasception..hehe

2 komentar:

  1. kalo baca inin trus liat beberapa review tentang novel ini, sepertinya emang sangat recomended unuk dibaca..

    All deaths are not equal... There's a caste system even in murder...

    BalasHapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law