4 Des 2013

The Tokyo Zodiac Murders

dari judul dan covernya novel ini sudah menjanjikan ketegangan. apalagi dalam sinopsinya bukan hanya menceritakan pembunuhan tapi juga mutilasi. namun saya tidak terlalu kaget dengan kesadisan yang ditawarkan, jepang emang gudangnnya orang-orang sakit kalau masalah pembunuhan, bisa kita saksikan sendiri lewat film2nya yang kebanyakan abnormal.dibuka dengan sebuah surat yang ditinggalkan tokoh center konflik dalam novel ini yang berisi sebuah catatan mengerikan, ide gilanya untuk menciptakan azoth  dari potongan tubuh perempuan berdasarkan zodiak demi obsesinya  menciptakan wanita sempurna sudah jelas menjadi obsesi paling gila dari pemikiran manusia, kalau memang sebenarnya dia manusia..hehe

namun setelah surat itu berakhir cerita menjadi lebih santai. jujur cerita pembunuhannya mungkin terasa kelam apalagi didukung dengan latar cerita masa lampau, kesan jadul dengan melibatkan hal-hal mistis semakin menambah suram kisahnya, mengingat pemikiran masyarakat waktu itu masih primitif.namun ketika cerita berpindah ke duo dekektif amatir kita cerita yang dibawakan terasa lebih santai mengingat kasus pembunuhan ini bukan sebuah terror yang berpacu dengan waktu, tapi hanya sebuah mistery yang dipecahkan cuma demi ajang gengsi.

sinopsis :
40 tahun yang lalu jepang digegerkan dengan kasus pembunuhan berantai, atau lebih dikenal dengan nama "pembunuhan zodiak".yang menjadi korban adalah wanita-wanita muda, bukan cuma dibunuh tapi bagian-bagian tubuh mereka hilang.setelah diketahui ternyata pembunuhan ini merupakan wujud obsesi dari seorang seniman gila untuk meciptakan wanita sempurna yang dibuat dari potongan tubuh perempuan berdasarkan zodiak (yang dia namai azoth).namun yang menjadi mistery adalah pembunuhan  berantai tersebut terjadi setelah sang seniman meninggal dunia, bagaimana bisa ? mistery itu menjadi buah bibir dan ajang bagi para polisi dan detektif amatir berlomba untuk memecahkannya.kiyoshi mitarai seorang peramal, astrolog dan temannnya kazumi seorang ilustrator tak mau ketinggalan dalam mengungkap kasus pembunuhan janggal ini.apakah mereka akan berhasil memecahkannya ? siapakah pelaku dibalik pembunuhan zodiac ini ? bersama detektiv amatir dan esentrik ini kita diajak untuk memecahkannya.. 

kalau diawal kalimat saya bilang novel ini menegangkan, betul, tapi cuma sebatas lembaran pertama yang berisi surat heikichi, setelahnya cerita tidak sesuai ekpetasi awal yang akan bernuansa kelam..hehe tapi jujur ini lebih seperti buku panduan detektiv dengan  azoth sebagai contoh kasus yang harus kita pecahkan, apalagi dilembar-lembar akhir si penulis dengan terang-terangan mengajak kita untuk menebak si pelaku.

jangan lupakan juga ketika kiyoshi mitarai menganggap sherlock holmes sebagai pecandu kokain. dan semua cerita hebat tentang dirinya hanya karangan watshon semata yang didasari rasa takut dirinya terhadap holmes.. dan fakta itu membuat saya cekikikan ketika membaca..hahaha, dan kemampuan holmes yang bisa menebak profesi seseorang hanya bualan watson saja untuk mengagungkan temannnya itu.tentunya pemikiran kiyoshi ini bukan tanpa dasar, katanya dulu dia sangat menyukai holmes, namun menurutnya holmes sudah meninggal ketika dalam salah satu serinya holmes diceritakan jatuh kedalam jurang, nah sosok holmes yang diceritakan selamat dari tragedi itu  hanya holmes sosok lain yang diciptakan pemerintah inggris dengan tujuan konsfirasi, kiyoshi menganggap holmes yang sebenarnya sudah mati.

sebagai buku thriller menurut saya ini jenis baru, soalnya lebih intertaktif sama pembacanya.., kalau penasaran cepetan keep calm and read novel ini ya..


4 komentar:

  1. Hay Shaddow :D
    Epik udah lama g nge-blog nih tiba-tiba dapet suguhan postingan The Tokyo Zodiac Murderer~
    Iya emang keren nih novel! di awal-awal pelaku ngga ketebak soalnya info-info dan trik-trik pelaku bertebaran sampe tengah cerita~

    btw, kemarin Epik baru beli novel katarsis loh! makasih ya infonya~ (Epik belum baca seh :P)

    -Epik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hay epik..
      pantesan aku nungguin postingan kikosnya ga pernah muncul..hehe
      selamat membaca katarsis ya... :D

      Hapus
  2. nice inpoh nih, belum pernah tau kalo soal2 gini. Hehe, mantaff

    BalasHapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law