20 Okt 2013

Rencana Besar

rasanya tahun ini penerbit lokal lagi keranjingan untuk menerbitkan genre-genre yang fresh pada buku-bukunya, bukan fresh juga sih.., tapi karena kebanyakan genre thriller ini digarap oleh penulis luar, maka kalau muncul novel thriller dengan penulis lokal bisa dibilang fresh jugakan ??..hehe dan ini salah satu novelnya "Rencana Besar" yang ditulis oleh seorang pria yang memiliki nama pena tsugaeda.sekilas bila melihat tanpa kata "sebuah novel" yang tercetak kecil itu, mungkin saya akan mengira bahwa ini salah satu buku motivasi atau kategori bisnis dan ekonomi..hehe dan saat pameran buku di bandung kemarin saya memilih buku ini sebagai pilihan karena covernya yang terlihat cantik.

dan ternyata tebakan saya sedikit benar, karena novel ini juga isinya masih menyangkut ekonomi dan keuangan.novel yang memiliki latar cerita perbankan..wow rasanya ini sebuah novel yang berat dengan banyak istilah membingungkan didalamnya, itu pikiran pertama saya saat melihat-lihat novel ini, apalagi ditambah sinopsisnya mencertiakan profil dari setiap tokoh mengingatkan saya pada komik-komik conan edogawa, kesan misterius makin terasa dan menggelitik rasa penasaran saya untuk segera membuka isinya.

apalagi novel ini terbitan bentang pustaka, penerbit yang udah menelurkan novel-novel versi terjemahannnya dan brown selama ini, novel favorit saya sepanjang masapun "six suspect" vikas swarup diterbitkan oleh bentang pustaka, rasanya tidak akan sembarangan penerbit ini dalam menyeleksi naskah-naskah yang masuk ke kantornya.maka setelah pertimbangan diatas tersebut saya segera mengambil novel ini, dan cepat-cepat pulang ke kosan untuk segera merobek plastik pembungkusnya dan melahap setiap halamannya.

sinopsis :
makarim mungkin bisa dibilang seorang konsultan perusahaan mendapat pekerjaan dari teman lamanya agung untuk menyelidiki kasus fraud (penggelapan/penyelewengan) yang terjadi di bank tempatnya bekerja. UBI (universal bank of indonesia) menjadi bank fiktif yang menjadi latar cerita. dimulailah penyelidikan makarim yang membawanya ke kota surabaya tempat salah satu cabang UBI berada. penyelidikan tersebut menyeret 3 nama yang dicurigai menjadi tersangka, Reza, Rifad dan Amanda.apakah penyelidikan makarin membuahkan hasil ? siapakah dalang dibalik penggelepan uang ini ? mendingan langsung baca novelnya biar ga spoiler..hehe

dalam cerita thriller rencana besar sang penulis tidak membawa nama detective sebagai tokoh utamanya, masuk akal banget, berhubung ini kasusnya terjadi dalam sebuah badan usaha maka tokoh makarin yang mempunyai perusahaan yang khusus dalam membenahi sebuah manajemen  perusahaan rasanya lebih tepat masuk ke zona kasus tersebut. namun karena diawal halaman alur berjalan lambat maka clue-clue yang ditebarkan untuk membangun twist sudah bisa saya tebak benang merahnya (ini hanya pendapat personal ya..).

namun ketika fakta yang terkuak justru malah dibuka oleh si narator dengan adegan falsback menimbulkan perasaan  sedikit janggal untuk saya, lalu apa peran makarin dalam kasus ini,dan membuat penyelidikan dengan adegan-adegan bersama para ketiga terduga selama ini sia-sia,walapun pada akhirnya makarin kembali dan menjadi hero ketika menolong tersangka bergalantungan di atas gedung dan sudah menduga bahwa pria yang bergalenatungan tersebut pelakunya tanpa mengetahui rencana besar yang sedang dijalankan.

namun pujian patut dilayangkan kepada bang tsugaeda yang udah membawa angin segar dalam dunia pernovelan kita, apakah kisah makarin ini akan menjadi sebuah sekuel ?, karena diakhir halaman perusahaan makarin diceritakan mendapat job dari badan narkotika (BNN), apakah makarin akan menjadi simbol fiksi kebenaran dan menguak kasus-kasus bobrok di negri ini ?. namun bila hal itu benar-benar terjadi semoga cerita makarin berikutnya lebih menarik, akurat, dan penggambaran karakternya yang lebih kuat disertai konflik-konflik yang lebih menarik.

nah segitu dulu ya reviewnya..hehe  keep calm and read Rencana Besar and tetep dukung novel-novel karya penulis lokal

6 komentar:

  1. Waaahhh... Shaddow bikin Epik pingin beli novel yg kamu review (TAT)/
    (dompet menjerittt)

    BTW, sudah pernah baca Night of Chaos karangan Jofry H.S
    Gaya ceritanya ala novel terjemahan gitu... Menurut Epik bagus :)
    tentang perusahaan software antivirus~

    -Epik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum, wah nanti deh dicari..hehe wah ternyata banyak juga penulis yang membuat genre menarik, cuma sayang yang terkenal cuma romannnya doang..hehe

      Hapus
    2. iya... iya.... kebanyakan tema teelit2an... (ngga semua teenlit'an jelek sih)

      mungkin (dan sepertinya) night of chaos ngga seseru dan semisterius Rencana Besar, dan kode yg harus dipecahkan guampang malah... tapi gaya ceritanya yang terkesan kayak novel terjemahan dan Epik mbayangiinnya kayak nonton film... itu yg Epik suka... hahaha

      -Epik-

      Hapus
    3. yang ini gaya ceritanya indonesia banget malah,, hehe bayak istilah perbankan gitu didalamnya

      Hapus
  2. Epik beli novelnya Opah mu lo~
    Carrie~ :)

    -Epik-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhhhhhh epik.. jangan di review dulu.. biar ga spoiler..hehe ╮(╯_╰")╭ aku lagi sibuk buat uts senin depan.. carrie udah masuk daftar list belanja tapi belum ke toko buku.. dompetnya lagi kanker... (╥_╥)

      Hapus

© Pintu Terlarang 2012 | Blogger Template by Enny Law